Apa saja yang harus dipersiapkan untuk study di Luar Negeri?





Masih seputar merencanakan kuliah di Luar Negeri yang mudah mudah sulit. Tapi sebetulnya tidak terlalu sulit tapi tidak juga gampang. Setelah tahun ajaran berakhir banyak siswa yang merasa bingung program apakah yang harus mereka ambil dan tentu saja di Negara mana mereka harus melanjutkan study.

Seringkali ini muncul dalam fikiran sebagian besar siswa yang baru saja menyelesaikan sekolah menengah atas. Tapi sesungguhnya, perencanaan untuk melanjutkan study idealnya sudah mulai disiapkan diawal tahun mereka masuk Sekolah Menengah Atas mereka. Mengapa demikian ? berikut adalah gambaran hal apa saja yang harus kita pertimbangkan ketika memiliki rencana melanjutkan study kita terutama jika pilihannya adalah di Luar Negeri.

Siswa yang ingin melanjutkan study diluar negeri harus mempertimbangkan hal hal berikut ini;

·         Memastikan nilai raport, ujian tengah semester dan juga ujian nasional mereka memilki nilai yang bagus ( tidak dalam grafik yang menurun).
·         Memastikan mata pelajaran yang di UAN kan baik.
·         Menentukan program study berdasarkan minat dan kemampuan akademik yang mendukung.
·         Menentukan Negara mana yang menjadi prioritas.
·         Berkonsultasi dengan orang tua untuk pertimbangan financial.
·         Mempelajari budaya dan bahasa dari Negara yang kita targetkan.
·         Memastikan kita memiliki rencana setelah menyelesaikan study.
·         Belajar mandiri dan bersosialisasi.


Hal hal diatas merupakan sedikit poin yang paling tidak harus difahami bagi siapa saja yang ingin melanjutkan study ke luar negeri. Tanpa hal tersebut diatas kita fahami dan kita laksanakan maka rencana kita untuk melanjutkan Study ke Luar Negeri akan cukup merepotkan.

Di sesi ini kami akan banyak memberikan pertanyaan seputar pribadi dari siswa tersebut, juga bagaimana program study itu menarik minatnya serta setelah menyelesaikan study mereka.


No comments:

Post a Comment

Pages